RendezVous

Forum for exclusive community
 
HomeHome  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  SearchSearch  MemberlistMemberlist  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  Log in  

Share | 
 

 Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
dapitocir
Momod
Momod


Male Number of posts : 282
Age : 26
Location : C:\\\\Tangerang\\\\Ciledug\\\\sumpek
Job/hobbies : gitar, fotografi, baca.
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Sun Dec 14, 2008 12:43 pm

Jari pun Butuh Libur
Selasa, 09 Desember 2008 | 10:29 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ibu jari kiri Wawan, 31 tahun, mendadak ngilu, tidak bisa digerakkan. Awalnya dia menganggap itu hanya kelelahan biasa. Ketika cuti, karyawan perusahaan swasta itu bermain PlayStation lima hari berturut turut. Wawan bisa nongkrong di depan layar PlayStation lima jam sekali main tanpa jeda. Di depan layar bermain itu Wawan lupa waktu, lupa istirahat, juga mengabaikan nyeri ringan yang sebenarnya pelan-pelan menyerang kedua jempolnya.

Nyeri itu disangkanya hanya sementara, atau paling banter nyeri karena keseleo lantaran sebab-sebab yang tidak disadarinya. "Tapi kok keterusan." Ia mengeluh karena nyeri itu menghambat pekerjaannya, yang mengharuskan dia banyak mengetik. Dua tukang pijit yang mengurutnya tak bisa mengatasi. Kedua tukang pijit itu mengatakan tak ada yang salah dengan ibu jarinya.

Wawan mulai berpikir ada sesuatu yang serius dengan nyeri jempolnya. Maka pergilah ia ke dokter. Benar saja, dokter menyatakan Wawan terkena carpal tunnel syndrome, atau lebih dikenal sebagai sindrom terowongan karpal. Hal yang sama dikatakan fisioterapis sebuah klinik fisioterapi. Klinik fisioterapi itu meresepkan obat saraf untuk Wawan. Jempol tangan Wawan memang membaik selama beberapa hari. Berikutnya, kambuh lagi.

Keluhan yang nyaris sama dirasakan juga oleh Sigit, pedagang nasi goreng yang biasa mangkal di sekitar Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Telapak tangannya bengkak dan empat jarinya--kecuali kelingking-- tidak bisa digerakkan. Berbeda dengan Wawan, Sigit belum memeriksakan tangannya ke dokter meski keluhan itu telah dirasakannya selama sepekan.

Ahli saraf dari Klinik Triosada Jakarta, Hermawan, mengatakan sindrom terowongan karpal biasa menyerang orang yang dalam pekerjaannya banyak menggunakan pergelangan tangan. Seperti ibu-ibu rumah tangga yang sering mencuci, pemain piano, atau orang yang terlalu lama di depan komputer ataupun PlayStation.

Sindrom terowongan karpal juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit lain sebagai bentuk komplikasi. Misalnya, diabetes melitus, perubahan hormonal khususnya pada wanita hamil, kegemukan, hipotiroid, arthritis rheumatoid, lupus eritematosus sistemik, gout, cedera, dan faktor keturunan.

Terowongan karpal adalah lorong atau terowongan yang terbentuk mulai dari ujung lengan bawah melalui tulang-tulang pergelangan tangan dan berakhir pada tulang-tulang telapak tangan atau tulang-tulang karpal. Sindrom karpal terjadi karena pembengkakan jaringan di sekitar saraf yang menekan saraf medianus, yakni tendon dan tenosynovium di dalam terowongan karpal. Sedangkan pembengkakan terjadi akibat peradangan pada jaringan di sekitar saraf medianus.

Tertekannya saraf medianus akan menghambat kecepatan hantar pada serabut saraf sehingga menimbulkan berbagai gejala pada tangan dan pergelangan tangan. Penderita akan merasa kesemutan atau kebas pada pergelangan tangan ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis. "Sindrom terowongan karpal tidak akan menyerang jari kelingking," kata Hermawan, Jumat lalu di Jakarta. Tak hanya kebas, jari-jari akan terasa panas dan nyeri, terutama malam hari.

Jika gejala-gejala itu sudah terasa, kata Hermawan, penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hermawan meminta agar penderita tidak mengabaikan keluhan ini. Tak main-main, jika diabaikan, sindrom ini bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Ada beberapa tindakan medis jika seseorang terkena sindrom karpal. Yang paling ringan adalah menyuntik terowongan karpal. Bisa juga dengan memberi penyangga pergelangan tangan dengan pelat pergelangan tangan (wrist splints). "Agar pergelangan tangan bisa istirahat," ujar Hermawan. Idealnya, pelat dipasang selama satu hingga dua pekan. Jika dua cara itu belum juga bisa mengatasi, jalan terakhir yang harus dilakukan adalah pembedahan.

Akan halnya Wawan menjalani terapi di luar tiga cara itu. Tangannya dimasukkan ke air, lalu ditembak dengan sinar ultrasonik. "Rasanya sakit," kata Wawan. Herwaman membenarkan cara itu pun bisa dilakukan untuk mengatasi sindrom ini.

Sindrom terowongan karpal ini bisa dicegah dengan cara tidak berlama-lama menggerakkan pergelangan tangan. Hermawan menganjurkan, tidak lebih dari 5 jam. Istirahatkan pergelangan tangan selama 15 menit setiap 3 jam.

Ketika gejala sindrom terowongan karpal sudah terasa, agar tidak semakin parah, lakukan beberapa latihan peregangan. Latihan dilakukan sebelum memulai pekerjaan dan pada saat-saat istirahat. Latihan peregangan ini diperkirakan dapat mengurangi kebutuhan tindakan pembedahan hingga 50 persen.



sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2008/12/09/brk,20081209-150178,id.html

menyeramkann..
Back to top Go down
View user profile
Snoopy
Admin
Admin


Male Number of posts : 119
Age : 26
Location : Indonesia
Job/hobbies : Licking Ice Cream
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Sun Dec 14, 2008 1:30 pm

maen dota 3 game tuh kira2 4 jam an lah,tapi gk kerasa apa2...hwhwhwh...
bakal kerasa klo kalah aja Evil or Very Mad
Back to top Go down
View user profile http://rendezvous.forumakers.com
ivan
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Male Number of posts : 46
Age : 26
Location : Juakuarta donk tepatnya d duri kepa! hwhw...
Registration date : 2008-12-14

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Sun Dec 14, 2008 11:22 pm

hwhw...
iy kalo maen dota gk pernah terasa kalo menang
tp kalo kalah sakitnya ampe kepala
senut" mulu
hwhw...
Back to top Go down
View user profile
Snoopy
Admin
Admin


Male Number of posts : 119
Age : 26
Location : Indonesia
Job/hobbies : Licking Ice Cream
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 15, 2008 1:58 am

ivan wrote:
hwhw...
iy kalo maen dota gk pernah terasa kalo menang
tp kalo kalah sakitnya ampe kepala
senut" mulu
hwhw...

betul2 tuh yang di bilang ivan, klo menang mah santai aja Very Happy
cuman klo kalah...pengen gw banting tuh CPU..hwhwwhwh
Back to top Go down
View user profile http://rendezvous.forumakers.com
Humble89
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Male Number of posts : 63
Age : 27
Location : Jakarta
Job/hobbies : ketawa
Humor : kentut dulu ahh
Registration date : 2008-12-15

PostSubject: kesimpulan?   Mon Dec 15, 2008 9:54 am

aduh, teksnya panjang amat siih.. kesimpulannya aja dunk...
Back to top Go down
View user profile http://www.yahoo.com
dapitocir
Momod
Momod


Male Number of posts : 282
Age : 26
Location : C:\\\\Tangerang\\\\Ciledug\\\\sumpek
Job/hobbies : gitar, fotografi, baca.
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 15, 2008 10:23 am

Humble89 wrote:
aduh, teksnya panjang amat siih.. kesimpulannya aja dunk...

pokoke intinye jangan kelamaan standby depan komputer bisa kena sindrom terowongan karpal..

sindrom terowongan karpal ini komplikasinya menyeramkan.

oh iya, sindrom ini juga biasa menyerang para pianis dan gitaris juga lhoo.. heheh.

jadi disarankan pemanasan dulu sebelum melakukan aktivitas yang menggunakan jari dalam waktu yang lama. begituu.
Back to top Go down
View user profile
L.A.C.
Ulet
Ulet


Male Number of posts : 10
Age : 26
Location : Earth
Job/hobbies : Breathing
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: buat yg sering nongkrong dpn komp   Mon Dec 15, 2008 10:47 am

wakakakak, ngeliat cerita tadi cukup membuat mata gw jebol, panjang amad.
Back to top Go down
View user profile
Snoopy
Admin
Admin


Male Number of posts : 119
Age : 26
Location : Indonesia
Job/hobbies : Licking Ice Cream
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 15, 2008 11:06 am

Gw cuman mao nambahin aja nih..

Bukan cuman jari aja yang butuh istirahat, kedua mata kita juga perlu banget di istirahatin..apa lagi bagi pengguna komputer yang biasa nongkrong ampe 5jam-10jam...itu perlu banget memperhatikan kesehatan mata nya.

Mungkin sedikit tips dari gw :

Kita bisa melakukan istirahat pada mata setidaknya setelah 30 menit nongkrong di depan komputer dengan cara :
1. memejamkan mata dalam hitungan 30 detik
2. melihat objek yang berwarna hijau

tq Very Happy
Back to top Go down
View user profile http://rendezvous.forumakers.com
Olyn
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 154
Age : 26
Location : Jakarta, Indonesia
Job/hobbies : Art & Design student
Humor : he? O.o
Registration date : 2008-12-22

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 7:52 am

ckck...weleh, zaman skarang kn ap2 pk komputer =3= makin bnyk yg bs kna sindrom dong @_@

@snoopy: knapa musti liat ke objek berwarna hijau?
Back to top Go down
View user profile http://fortranica.deviantart.com/
reisconrad
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 196
Age : 27
Location : Indo
Job/hobbies : mahasiswi DKV yg hobi gambar, nulis cerita & tidur...
Humor : Nyaaa~!
Registration date : 2008-12-18

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 12:01 pm

Olyn wrote:
ckck...weleh, zaman skarang kn ap2 pk komputer =3= makin bnyk yg bs kna sindrom dong @_@

@snoopy: knapa musti liat ke objek berwarna hijau?

karena warna hijau diyakini dapat menetralisirkan radiasi Razz

tapi kyknya mustahil buat anak animasi kyk w...klo gak d dpn kompie, gmn bikin animasinya dng??? Selain itu, w juga hrs OL buat ngawasin forum tetangga...+_+"
Back to top Go down
View user profile http://reisconrad.deviantart.com
Olyn
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 154
Age : 26
Location : Jakarta, Indonesia
Job/hobbies : Art & Design student
Humor : he? O.o
Registration date : 2008-12-22

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 12:18 pm

hoo gitu toh XD


nasib anak design, no komputer = mokad O_o


kl u ngawasin forum tetangga, gw sk kerjain adobe, dg kata lain gw yang bikin komputer gw KERJA RODI hampir 24jem nonstop haha! XD
Back to top Go down
View user profile http://fortranica.deviantart.com/
reisconrad
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 196
Age : 27
Location : Indo
Job/hobbies : mahasiswi DKV yg hobi gambar, nulis cerita & tidur...
Humor : Nyaaa~!
Registration date : 2008-12-18

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 12:19 pm

Olyn wrote:
hoo gitu toh XD


nasib anak design, no komputer = mokad O_o


kl u ngawasin forum tetangga, gw sk kerjain adobe, dg kata lain gw yang bikin komputer gw KERJA RODI hampir 24jem nonstop haha! XD

yah...begitulah...soalnya zaman skrg design tuh dah HARUS pk komputer...
Wew, sama aja kyk w, kerja rodi tp dlm arti yg berbeda wkwkwkwkwkwkw
Back to top Go down
View user profile http://reisconrad.deviantart.com
Olyn
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 154
Age : 26
Location : Jakarta, Indonesia
Job/hobbies : Art & Design student
Humor : he? O.o
Registration date : 2008-12-22

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 12:23 pm

apaan tuh kerja rodi? kerja rodi bikin pe-er?


nah...kl yg manual nih, baru...bener2 romusha gw *ga bisa manual*
Back to top Go down
View user profile http://fortranica.deviantart.com/
reisconrad
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 196
Age : 27
Location : Indo
Job/hobbies : mahasiswi DKV yg hobi gambar, nulis cerita & tidur...
Humor : Nyaaa~!
Registration date : 2008-12-18

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 12:42 pm

Olyn wrote:
apaan tuh kerja rodi? kerja rodi bikin pe-er?


nah...kl yg manual nih, baru...bener2 romusha gw *ga bisa manual*

Wew, w malah kebalikan ama u, gak bs digital =="

Yah, kerja rodi ngerjain komp graf w... Gak bs ninggalin kompie...
Back to top Go down
View user profile http://reisconrad.deviantart.com
V4nd3R
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Male Number of posts : 98
Age : 25
Location : jakarta
Job/hobbies : apa aja yang asiikkk
Humor : haha
Registration date : 2008-12-19

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 12:51 pm

kalo tidur jari khan juga liburr...
itu mah mitos aja...mungkinyg ada didalam cerita emank ada penaykit gt kali...
wakakaka....(Belum baca c ceritanya)
Back to top Go down
View user profile http://www.beritabola.com
dapitocir
Momod
Momod


Male Number of posts : 282
Age : 26
Location : C:\\\\Tangerang\\\\Ciledug\\\\sumpek
Job/hobbies : gitar, fotografi, baca.
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 1:09 pm

V4nd3R wrote:
kalo tidur jari khan juga liburr...
itu mah mitos aja...mungkinyg ada didalam cerita emank ada penaykit gt kali...
wakakaka....(Belum baca c ceritanya)

itu beneran kok.. gw blom posting soal pemanasan sebelum menggunakan komputer. trus posisi2 yang benar dalam menggunakan komputer..

sindrom ini bener2 terjadi.. udah banyak kejadiannya.. ati2 aja deh yang suka buka komputer. gw aja wanti2 nih tangan gw suka ngilu2 sendiri. .

ntar gw post deh posisi2 yang benar dalam menggunakan komputer..
Back to top Go down
View user profile
V4nd3R
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Male Number of posts : 98
Age : 25
Location : jakarta
Job/hobbies : apa aja yang asiikkk
Humor : haha
Registration date : 2008-12-19

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 1:18 pm

hmmmm...lu tw ga samm kenapa banyak org yg ngilu2 gt???

nih ya...gw jamin rata2 orang indonesia t kalo kepala ato tangannya pegel pasti suka di pletek khan??

nah itu t ga bagus....itu t awal yg bikin tulang kita pada ga bener n lama2 bisa jadi pengapuran...

nah...gw c masi belum gitu pcaya samm komp membuat kita jd kyk gt....

(Gw berada di sisi kontra...hahaha) Very Happy Very Happy Very Happy
Back to top Go down
View user profile http://www.beritabola.com
Olyn
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 154
Age : 26
Location : Jakarta, Indonesia
Job/hobbies : Art & Design student
Humor : he? O.o
Registration date : 2008-12-22

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Dec 22, 2008 2:25 pm

itu sindrom BENERAN ADA, bokap gw jg dapet emailnya, dan dikasi liat jg foto tangan orang yg kena sindrom itu...astaga, tuh tangan org dibuka, ya ampun isinya...uegh bikin enegggg
Back to top Go down
View user profile http://fortranica.deviantart.com/
dchi
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Female Number of posts : 66
Age : 25
Location : jakarta
Job/hobbies : student
Humor : love is a mirage
Registration date : 2008-12-23

PostSubject: astaga   Tue Dec 23, 2008 5:53 am

yg bnr????
cuma mau maen kompie aj pk pmanasan sgala????
astaga
ck9
Back to top Go down
View user profile http://www.facebook.com/home.php?
Humble89
Kupu-kupu
Kupu-kupu


Male Number of posts : 63
Age : 27
Location : Jakarta
Job/hobbies : ketawa
Humor : kentut dulu ahh
Registration date : 2008-12-15

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Wed Dec 24, 2008 7:31 am

nongkrong depan kompie 12 jam ++ udah jadi kebutuhan sehari2....
Back to top Go down
View user profile http://www.yahoo.com
JH
Ulet
Ulet


Female Number of posts : 10
Age : 26
Location : Jakarta
Job/hobbies : Music and art
Humor : nyem...
Registration date : 2008-12-13

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Thu Dec 25, 2008 12:02 pm

ikh, najis serem bgt sih
Back to top Go down
View user profile
ladyharken



Female Number of posts : 4
Age : 26
Location : Jakarta
Job/hobbies : Playing Video Games
Humor : Game
Registration date : 2009-01-12

PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Mon Jan 12, 2009 5:51 am

Olyn wrote:
ckck...weleh, zaman skarang kn ap2 pk komputer =3= makin bnyk yg bs kna sindrom dong @_@

@snoopy: knapa musti liat ke objek berwarna hijau?

objek berwrna hijau bisa nyegerin mata..
syaraf mata yg tegang bisa jd kendor lagi..
itu yg g baca d gamestation.. king
Back to top Go down
View user profile http://www.friendster.com
Sponsored content




PostSubject: Re: Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!   Today at 12:10 am

Back to top Go down
 
Buat yang sering nongkrong di depan komputer. ati2!!!!
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Kamus Aquascape (kata yang sering digunakan)
» Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut
» Ikan-ikan yang cocok untuk Aquascape
» jual alat pemberi makan ikan otomatis yang di atur oleh timer
» Memilih Dan Memberi pakan ikan hias laut

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
RendezVous :: ST Inside :: Share Info-
Jump to: